4 Aturan Makan yang Bisa Turunkan Berat Badan di 2024, Gampang Banget

Kamis, 04 Januari 2024 - 12:47 WIB
loading...
4 Aturan Makan yang...
Memiliki berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Selain membuat tubuh terlihat bagus, berat badan yang ideal juga membantu menyehatkan tubuh. Foto Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Memiliki berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Selain membuat tubuh terlihat bagus, berat badan yang ideal juga membantu menyehatkan tubuh. Maka tidak heran jika orang yang memiliki berat badan berlebih akan berlomba-lomba menurunkan bobot tubuh mereka.

Namun, menurunkan berat badan masih sering dianggap sulit oleh sebagian orang. Hal ini lantaran banyak yang sudah melakukan berbagai usaha, tetapi tidak membuahkan hasil.

Walaupun demikian, Anda tidak boleh menyerah. Susie Burrel, seorang ahli diet Australia dan penulis The 30-Day Reset Plan menyampaikan ada empat aturan makan yang sebenarnya bisa membantu menurunkan berat badan dengan mudah.



Apa saja itu? Simak rangkuman informasi yang dikutip dari laman New York Post, Kamis (4/1/2024), berikut ini.

1. Batasi Makanan Manis, Hanya Boleh Sekali Sehari

Mengonsumsi terlalu banyak gula terbukti bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kerusakan gigi, jerawat, tekanan darah tinggi, peradangan kronis, dan banyak penyakit lainnya. Jadi alangkah baik untuk membatasi diri Anda menikmati makanan manis pada waktu tertentu dalam sehari.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020-2025 merekomendasikan untuk membatasi kalori dari gula tambahan hingga kurang dari 10% setiap hari. Untuk diet 2.000 kalori, itu berarti harus mengurangi 200 kalori atau sekitar 12 sendok teh.

2. Hindari Makanan yang Digoreng

Burrell mengatakan, Anda harus menghindari makanan yang digoreng dan memilih sayuran.

“Apakah Anda memilih potongan ayam, atau semangkuk burrito nasi sayur, atau makanan beku kaya sayuran, Anda akan menambahkan beberapa nutrisi ke dalam hari Anda dan membuat pilihan yang jauh lebih sehat daripada makanan gorengan, penawaran burger, atau pizza yang Anda pesan," kata Burrell.

Sebuah penelitian mengaitkan makanan yang digoreng, terutama kentang renyah, memiliki risiko kecemasan dan depresi yang lebih besar.


3. Jauhkan Diri dari Alkohol

Alkohol mengandung 7 kalori per gram dan bahkan mengandung lebih banyak kalori lagi jika ditemukan dalam mixer koktail. Untuk itu, alkohol tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.

Burrell menyarankan untuk menunggu hingga Kamis untuk minum, bahkan mengizinkan segelas anggur setiap malam setelah makan malam.

“Makanlah makanan terakhir Anda hari ini sedini mungkin, dan nikmati satu hingga dua minuman beralkohol tanpa makanan tambahan saat Anda menikmati minuman di malam hari,” sarannya.

4. Manjakan Diri Hanya dengan Satu Kopi Susu Sehari

Burrell merekomendasikan untuk memperlakukan kopi rasa susu sebagai sepotong roti panggang yang biasa disantap setiap pagi. Jadi, ia hanya memperbolehkan untuk minum kopi susu sehari sekali yakni kala sarapan. Anda disarankan untuk menikmati satu potong roti dengan secangkir kopi yang ditambah susu.

Alasan minum kopi susu harus dibatasi yakni lantaran kandungan gula dan susunya terlalu tinggi sehingga bisa menyebabkan berat badan sulit turun. Bahkan, bisa juga mengundang berbagai penyakit di dalam tubuh.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)